Rabu, 03 Juli 2013

10 Solusi Open Source untuk Bisnis anda

Open Source identik dengan program gratis, program yang dibuat oleh komunitas. Oleh karena itu, kebanyakan kalangan agak meremehkan kualitas aplikasi yang dibuat. cenderung tidak yakin dengan kemampuan aplikasi tersebut, terutama diandalkan untuk mengelola bisnis dalam skala kecil hingga besar.
tetapi ketika anda menyimak 10 aplikasi open source ini, anggapan anda pasti akan berubah. 10 aplikasi ini sangat powerfull dan bisa disejajarkan dengan aplikasi hebat berbiaya mahal sekalipun.
JIka anda sensitif dengan harga ketika memilih solusi aplikasi bisnis, kenapa tidak memilih open source? Biaya lisensi yang selangit tidak akan anda jumpai disini
1. GnuCash
Ini adalah aplikasi powerfull untuk akuntansi bisnis kecil hingga menengah. Anda bisa mengatur rekening bank, inventory, pendapatan dan biaya. Berbasis kepada prinsip akuntansi profesional untuk membantu anda membuat laporan secara akurat dan tepat waktu.
www.gnucash.org
2. Openbravo ERP
Aplikasi enterprise resource planning (ERP) dengan interface web based yang mudah digunakan. dengan tools untuk manajemen keuangan dan akuntansi, sales / CRM, dan procurement management.
http://www.openbravo.com/
3. xTuple
Penyedia solusi ERP ini menawarkan beberapa edisi dengan lisensi open source dan komersial. Luamayan mudah penggunaannya, dengan fitur yang mirip dengan OpenBravo
http://www.xtuple.com/
4. FrontAccounting
Aplikasi ini sangat lengkap untuk mengelola akuntansi berbasis open source, terutama untuk bisnis UKM. Dengan interface web based, sehingga dapat anda kelola dari mana saja dan kapan saja selama anda dapat melakukan koneksi dengan server.
http://frontaccounting.com/wb3/
5. Rapid-I
Rapid-I menyediakan solusi open source software untuk data mining, text mining, dan predicative analytics. Aplikasi paling populer adalah RapidMiner, aplikasi open source untuk keperluan data mining.
http://rapid-i.com/
6. DataVision
DataVision adalah “versi” open source terhadap reporting tool milik SAP, yaitu Crystal Reports. Dengan user interface drag-and-drop untuk untuk pembuatan laporan dengan mudah, support beberapa jenis platforms dan format file. Anda akan leluasa menggnakannya tanpa khawatir lisensi.
http://datavision.sourceforge.net/
7. SpagoBI
SpagoBI adalah “the only 100% open source, innovative, and flexible business intelligence (BI) suite.” Menawarkan ruang yang luas sebagai tool untuk reporting, multidimensional analysis, geographical analysis, data mining, collaboration dan lain – lain.
http://www.spagoworld.org/xwiki/bin/view/SpagoBI/
8. phpBMS
Aplikasi Web-based, benar – benar gratis, tinggal download. Software business management yang lengkap memenuhi kebutuhan bisnis anda.
http://www.phpbms.org/
9. Apache OFBiz
Nama lengkapnya The Apache Open For Business Project, adalah open source enterprise suite yang menawarkan ERP, CRM, E-Commerce, supply chain, dan solusi point of sale (POS). Hebatnya, anda bisa meng-customize-nya agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda. Benar – benar gratis sesuai lisensi Apache Software Foundations.
http://ofbiz.apache.org/
10. LemonPOS
LemonPOS, sesuai namanya adalah aplikasi Point Of Sales (POS) yang profesional, bahkan sangat mirip dengan aplikasi enterprise meskipun aplikasi ini diperuntukkan bagi usaha kecil menengah (UKM). Aplikasi multi user ini dapat digunakan untuk beberapa client dengan database tunggal.
lemonPOS terdiri dari beberapa versi, ada versi open source dan versi komersial. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan anda.
http://www.lemonpos.org/

Sumber : www.desainweb.biz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar